Home > Informasi teknologi, Uncategorized > RIM akhirnya Memenuhi Permintaan Pemerintah India Memasang Server Blackberry di Mumbai India, bagaimanakah dengan Indonesia..?

RIM akhirnya Memenuhi Permintaan Pemerintah India Memasang Server Blackberry di Mumbai India, bagaimanakah dengan Indonesia..?

February 25, 2012 Leave a comment Go to comments

RIM akhirnya Memenuhi Permintaan Pemerintah India Memasang Server Blackberry di Mumbai India, bagaimanakah dengan Indonesia..?

Setelah beberapa tahun mendapat tekanan dari pemerintah India, RIM akhirnya menanggapi permintaan pemerintah India dengan memasang server BlackBerry Enterprise Service (BES) di Mumbai, India. Tindakan ini akan memberikan pemerintah India akses untuk mengintercept (mencegat) dan memantau teks dan email yang dikirim melalui perangkat BlackBerry.

Pemerintah India ini berusaha mendapatkan akses visibilitas yang lebih besar ke dalam pesan yang dikirim melalui jaringan RIM selama hampir dua tahun. Bahkan pemerintah India sempat mengancam akan menutup RIM jika tidak berbagi algoritma yang digunakan untuk mendekripsi pesan supaya pesan tersebut dapat dibaca oleh badan-badan keamanan India. Akhirnya Januari lalu, RIM mengusulkan kompromi dimana lembaga ini bisa mendapatkan akses ke BBM dan e-mail publik, tetapi tidak diperbolehkan mengakses ke email perusahaan.

Pada bulan Oktober sebelumnya, RIM mendirikan fasilitas di Mumbai yang dapat menstop dan mendekripsi pesan dari tersangka yang sudah diidentifikasi. Server baru ini secara teoritis akan memungkinkan pejabat India dapat langsung mengakses dan mendecode pesan tanpa keterlibatan RIM.

Nah di Indonesia, sebenarnya pemerintah kita sudah berusaha melakukan hal yang kurang lebih sama dan sampai sekarang RIM belum memenuhi yang diharapkan pemerintah sepenuhnya dan sepertinya isu ini sekarang sudah adem ayem saja. Mungkin pemerintah kita perlu lebih pintar bernegosiasi dan belajar dari India sampai-sampai RIM memenuhi permintaan mereka.

Sumber : http://www.beritateknologi.com/rim-akhirnya-memenuhi-permintaan-pemerintah-india-memasang-server-blackberry-di-mumbai-india/

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: