Home > Ilmu Pengetahuan > Ilmuwan Temukan Monyet ‘Aneh’ Dan Langka Di Amazon

Ilmuwan Temukan Monyet ‘Aneh’ Dan Langka Di Amazon


Ekspedisi ilmiah ke Amazon Kolombia menemukan monyet spesies baru monyet titi (Callicebus caquetensis).

Monyet aneh seukuran kucing ini terancam punah karena kehilangan habitat dan populasinya yang kecil.

Penemuan ini diumumkan hari ini oleh kelompok nirlaba Conservation International. Setelah 30 tahun penelitian mengisyaratkan bahwa spesies primata itu mungkin tidak hidup di Caquetá Kolombia dekat perbatasan Ekuador dan Peru.

Pada 2008 ilmuwan Thomas Defler, Marta Bueno dan mahasiswa Javier García National University of Colombia membuktikan desas-desus itu benar.

García berasal dari Caquetá akhirnya bisa pergi ke Sungai Caquetá tiga tahun silam menggunakan GPS, dengan jalan kaki mendengarkan suara-suara dan akhirnya menemukan 13 kelompok spesies baru.

Monyet Titi (atau zogui zogui dalam bahasa Spanyol) memiliki panggilan terumit dalam kerajaan binatang, dan menandai wilayah mereka setiap pagi.

“Penemuan ini sangat menarik karena kami telah mendengar binatang ini, namun belum bisa memastikan perbedaannya dengan Titi lain. Spesies ini ternyata unik sekali dan memperkaya keanekaragaman Amazon,” kata Defler. Caquetensis C memiliki rambut cokelat kelabu, tetapi tidak memiliki panel putih di dahi seperti spesies Callicebus lain.

Tidak seperti kebanyakan primata, monyet Caquetá titi (dan mungkin semua monyet titi) panjang umur, hubungan monogamy. Pasangan monyet ini sering duduk bersama di dahan dan mengikat ekor mereka.

Mereka biasa memiliki satu bayi per tahun. Saat bayi baru lahir, orang tua memaksa anak tertua meninggalkan mereka, untuk fokus pada bayi yang baru lahir.

”Penemuan ini sangat penting untuk merayakan keanekaragaman bumi dan harus melestarikannya,” kata Jose Vicente Rodríguez, kepala sains di Conservation International di Kolombia dan Presiden Colombia Association of Zoology.

“Saat pertemuan pemimpin negara tahun lalu di Jepang untuk Konvensi Keanekaragaman Hayati, mereka berkomitmen menciptakan lebih banyak kawasan lindung makhluk terancam seperti di Amazon dan di seluruh dunia.

sumber :  www.suaramedia.com

Categories: Ilmu Pengetahuan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: