Home > Teknologi > Menlo, Prototipe Ponsel Terbaru Dari Microsoft Bocor Di Internet

Menlo, Prototipe Ponsel Terbaru Dari Microsoft Bocor Di Internet


Microsoft ternyata tak patah arang setelah Kin, ponsel besutannya menuai rapor merah di pasaran. Ponsel terbaru dengan nama Menlo pun tengah disiapkan untuk membayar kegagalan sebelumnya.

Hal ini dipastikan setelah sebuah dokumen tentang Menlo dibocorkan di internet oleh orang dalam Microsoft sendiri.

Dalam data yang dimiliki Zdnet, Menlo dikatakan berjenis ponsel layar sentuh, dengan dilengkapi display selebar 4,2 inch.

Hanya saja, masih menurut dokumen yang dikirimkan beserta gambarnya tersebut, Menlo menjalankan Microsoft Windows Embedded CE 6.0 R2  yang juga memiliki Bosch BMA150 3 sumbu dan sensor tekanan digital Bosch BMP085 (barometer).

Selain itu, ponsel yang masih dalam tahap prototip ini disebut-sebut bakal mengusung platform Microsoft Research Silverlight dengan codename ‘Greenfield’.

Bagaimanapun juga, proyek ini hanya sebuah prototipe yang berarti tidak harus segera diluncurkan Microsoft. Galen Hunt, pemimpin proyek ini telah mengembangkan Singularity, OS berbasis mikrokernel Microsoft yang bertujuan untuk meningkatkan kehandalan serta kemajuan program di luar teknologi yang sudah kuno.

Hunt memang berprestasi dalam mengembangkan prototipe OS mobile, kernel dan komponen runtime serta fitur terkombinasi.

Beberapa pakar tampilan pengguna dan Amy Karlson saat ini melakukan pengembangan sistem platform silang ‘Courier’ yang dirancang untuk memudahkan transfer antara desktop dan perangkat mobile.

Jadi apa yang akan terjadi jika ‘Menlo’ terealisasi? Secara teori, Menlo akan lebih mirip dengan Windows NT daripada CE dan mampu berjalan di prosesor berbasis ARM dan prosesor x86.

Produk ini memungkinkan perangkat berbasis ARM dapat dijalankan dengan Windows.

Pengembang dapat memasang aplikasi Windows ke ponsel NT berbasis kernel dan OS tablet karena hal ini hanya membutuhkan beberapa tweak antarmuka untuk perangkat berbasis NT.

Pun demikian, meski dipastikan telah belajar dari kesalahan ketika membuat Kin. Menlo diprediksi sejumlah analis tak akan mampu berbicara banyak di industri ponsel. Bahkan ada yang menyebut bahwa proyek Menlo nantinya hanya akan jadi batu loncatan bagi Microsoft untuk mengembangkan sistem operasinya di ranah perangkat genggam.

Sumber  :  www.suaramedia.com

Categories: Teknologi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: