Home > Ilmu Pengetahuan, Teknologi > Visual Sound, Ponsel Cantik Khusus Untuk Tunarungu

Visual Sound, Ponsel Cantik Khusus Untuk Tunarungu


Teknologi yang semakin hari semakin canggih tidak sejalan dengan penyesuaian teknologi tersebut terhadap perbedaan yang mereka miliki. Padahal, sebagai manusia, kaum tunarungu memiliki hak yang sama untuk memperoleh edukasi dan informasi.

Kaum Tunarungu adalah salah satu kaum minoritas yang masih terpinggirkan hak-haknya, termasuk dalam hal ini pemenuhan atas kebutuhan teknologi.

Beruntunglah, masih terdapat ilmuwan-ilmuwan yang peduli dengan kebutuhan khusus mereka.

Maka diciptakanlah teknologi-teknologi canggih yang cara operasionalnya disesuaikan dengan kebutuhan mereka dengan tujuan agar perbedaan yang dimiliki oleh kaum difabel tidak menjadi penghalang mereka untuk menikmati kecanggihan teknologi, menjadi manusia yang “melek teknologi”.

Visual Sound

Pratt, mahasiswa Suhyun Kim cukup prihatin dengan kaum tunarungu dan ingin mereka untuk menikmati teknologi seperti halnya yang kita lakukan. Visual Sound adalah sebuah ponsel untuk tuna rungu yang mengubah input suara ke teks dan input teks ke suara.

Desain ini memiliki dua pilar praktis yang gulir samping untuk mengekspos tampilan roll-out. Untuk berkomunikasi, difabel cukup memasukkan teks ke dalam layar touch screen, yang akan dikonversi menjadi suara simulasi untuk orang di ujung telepon dan sebaliknya.

Kelemahannya terdapat pada waktu yang dibutuhkan untuk input teks dan mengkonversi ke suara. Hal itu dapat mencegah panggilan jarak jauh, tapi satu sisi jauh lebih baik dan manusiawi dibandingkan meminta orang lain untuk menjadi penerjemah.

Di dunia politik, Kehadiran teknologi bagi tunarungu ini akan memungkinkan para calon elite politik untuk berkampanye politik melalui media-media yang tidak hanya dapat diakses oleh kaum mayoritas atau kaum normal pada umumnya, tetapi juga kaum minoritas seperti kaum tunarungu.

Dengan adanya teknologi bagi kaum tunarungu ini dapat memicu peningkatan partisipasi kaum tunarungu dalam kegiatan politik seperti pemilu sekalipun.

Sumber  :    www.suaramedia.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: