Home > Ilmu Pengetahuan, Teknologi > NASA Pergoki Komet ‘Nekat’ Yang Mau Bunuh Diri

NASA Pergoki Komet ‘Nekat’ Yang Mau Bunuh Diri


Kamera observatorium luar angkasa milik NASA berhasil menangkap peristiwa yang cukup fenomenal. Sebuah komet yang sempat bertengger di dekat matahari kini telah menghilang.

Komet tersebut sebetulnya sudah terbang terlalu dekat dengan matahari sehingga dapat terlihat dengan mata. Komet ‘nekat’ tersebut terlihat jelas melalui fasilitas teropong yang dimiliki SOHO.

Saat-saat komet tersebut ‘menjelang ajal’ berhasil terekam oleh kamera pemantau matahari bernama Solar anda Heliospheric Observatory (SOHO).

Sebelum menghilang’ komet tersebut sempat tertangkap kamera SOHO pada hari Jumat, 9 April 2010. Sayangnya, saat dipantau Minggu pagi, 11 April 2010, komet tersebut sudah tiada.

Diberitakan Space.com, berdasarkan pemantauan SOHO, ini merupakan komet ketiga yang berhasil ‘dilahap’ oleh Matahari.

Komet tersebut diberi nama sun-grazing comets, sebuah objek dingin yang datang dari luar tata surya. Biasanya, jika komet tersebut sudah berada di dekat matahari maka tidak ada kesempatan bagi dirinya untuk melarikan diri.

Komet yang malang tersebut merupakan salah satu dari sekumpulan objek yang dikenal dengan nama Kreutz komet, Semua komet Kreutz dianggap sisa-sisa dari satu komet raksasa yang pecah beberapa abad yang lalu.

Mereka diberi nama berdasarkan astronom abad ke-19 Heinrich Kreutz, Pasalnya, Kreutz  merupakan orang pertama yang memperkenalkan komet jenis tersebut dan menunjukkan bahwa komet itu saling berkaitan

Para astronom memprediksi ada sekira 1.600 komet di luar tata surya yang pernah melintasi matahari sepanjang perjalanannya. Sedangkan dari sekira 2.000 sun-grazing comets, ada sekira 1.000 komet yang berhasil dilahap Matahari.

Proses menghilangnya komet tersebut tidaklah serta merta ‘menceburkan’ diri ke dalam panasnya matahari. Dalam perjalanannya, komet yang terdiri dari objek dingin itu meleleh sedikit demi sedikit melawan panasnya objek matahari, hingga akhirnya menghilang sebelum sempat melewati matahari.

SOHO adalah misi bersama NASA dan European Space Agency. Observatorium itu dapat melihat komet ketika mendekat matahari karena menggunakan disk untuk memblokir cahaya bintang agar dapat melihat matahari dan benda-benda lain di dekatnya.

Foto SOHO telah berperan dalam menemukan komet dekat matahari sejak pertama kali mulai mengamati matahari pada tahun 1995.

Sebelum SOHO diluncurkan, hanya 16 komet dekat matahari yang terlihat oleh teleskop berbasis wahana antariksa, kata para pejabat NASA

suaramedia.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: