Home > Automotif > Ferarri GTO 599, Sang Penghuni Jalan Raya Tercepat Di Dunia

Ferarri GTO 599, Sang Penghuni Jalan Raya Tercepat Di Dunia


Ferrari lagi-lagi membuat sebuah gebrakan baru dijagad pasar mobil sport dunia. Kali ini GTO 599 dihadirkan dengan julukan mobil jalan raya tercepat di dunia.

Ferrari GTO 599 merupakan edisi khusus yang dikeluarkan produsen berlambang kuda jingkrak itu. Demikian diberitakan dari situs Paultan.

Mobil sport jalan raya ini dibangun lewat mesin 599XXX yang telah mengalami sejumlah rombakan agar dicapai hasil yang makin sempurna.

GTO 599 dibekali dapur pacu berkapasitas 6.00 cc 12 silinder yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 661 daya kuda dengan torsi puncak hingga 619 Nm.

Jangan tanyakan perihal kemampuan mobil ini di atas aspal. Sebab GTO 599 mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3,35 detik saja. Merasa masih mampu mengemudikan dengan kecepatan lebih dari itu? Jangan khawatir, sebab mobil ini masih bisa dibawa ngebut sampai 335 km/jam.

Gelar mobil jalan raya tercepat mungkin pantas disandnag Ferrari ini, mengingat ketika diuji coba pada sirkuit Fiorano, GTO 599 membubuhkan catatan waktu 1 menit 24 detik untuk satu putaran. Sebuah catatan waktu yang mirip mobil balap F1.

Dengan bobot hanya 1.495kg, 599 GTO tentu tak cuma unggul dalam performa. Chassis yang dikebangkan secara khusus–termasuk kontrol elektronik–telah menghasilkan kendali yang hebat. Ferrari bahkan berani mengklaim teknologi chassis 599 GTO sebagai yang pertama dikembangkan untuk mobil produksi

Selain desain yang dibuat seaerodinamik mungkin, para insinyur Ferrari juga mencoba membuat bobot GTO ini lebih ringan. Karena itu dipilih bodi berbahan aluminium, rem dari carbon ceramic, serta sistem transmisi 6-speed dari bahan yang ringan namun kuat sehingga perpindahan antar giginya dapat berlangsung lebih cepat 60 mili detik dari mobil sport biasa.

Meski tampak garang diluar, namun Ferrari mencoba memberikan sesuatu yang lebih mewah pada kabin GTO 599. Bahan serat karbon digunakan pada bagian gearshift, door trim, dan setir.

Sementara itu Ferrari juga membekalkan fitur baru yang mereka sebut Virtual Race Engineer sebagai alat yang mampu memonitor kondisi mobil saat dijalankan.

Pada sektor penghenti laju, 599 GTO telah dibekali generasi kedua rem karbon-keramik yang lebih kuat dan lebih ringan. Selain itu, rem canggih ini juga lebih mudah dingin dan bersinergi dengan aspek aerodinamis 599 GTO.

sumber : suaramedia.com

Categories: Automotif
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: