Home > Ilmu Pengetahuan, Kesehatan > Mengeluh Bikin Rasa Sakit Semakin Parah

Mengeluh Bikin Rasa Sakit Semakin Parah


Awas….. sering mengeluh, mudah marah, mudah tersinggung, mudah sakit hati, ternyata bisa membuat Anda gampang jatuh sakit . Sebaiknya Anda tidak banyak mengeluh ketika tengah sakit. Pasalnya, membicarakan rasa sakit hanya akan memperburuk rasa sakit itu sendiri. Hasil riset terbaru bahkan menyebutkan bahwa melakukan konseling hanya akan meningkatkan intensitas rasa sakit fisik.

Ilmuwan di Friedrich Schiller University Jena, Jerman menemukan bahwa mengucapkan kata-kata ungkapan rasa sakit akan memicu reaksi pada bagian otak yang menangani rasa nyeri.

Dilberitakan dari Times of India, meski tidak ada respons fisik secara langsung, para peneliti menduga bahwa mendengar kata-kata negatif sebelum mengalami rasa sakit, potensial memperburuk sensasi rasa sakit yang diderita.

Sebagai contoh, seorang dokter gigi yang bicara tentang ‘drilling’ gigi sebelum dia memulai melakukannya akan memperkuat rasa ketidaknyamanan pasien.

Profesor Thomas Weiss yang memimpin studi ini menyebutkan bahwa temuan timnya memperlihatkan bahwa kata itu sendiri memiliki kemampuan mengaktifkan matriks rasa sakit di otak. “Hasil penelitian kami memperkirakan bahwa stimulus verbal memiliki makna yang lebih penting dari yang kita pikirkan sejauh ini,” kata Weiss.

Setelah memindai otak 16 partisipan dengan pemindai fungsional Magnetic Resonance Imaging (fMRI), Weiss dan timnya menemukan kesimpulan bahwa otak bereaksi ketika partisipan mengucapkan kalimat bernada emosi negatif atau positif.

Kata-kata seperti ‘tersiksa’, ‘kejang’ atau ‘menyiksa’ berhubungan erat dengan kemunculan peningkatan sensasi rasa sakit, serta memicu respons di wilayah otak yang menghasilkan rasa nyeri.

Ada baiknya sebagai manusia, kita tidak membiasakan diri mengeluh atau sakit hari dalam menyikapi satu peristiwa. Demikian pemaparan yang diungkapkan oleh Ketua Masyarakat Paliatif Indonesia Cabang Surabaya, dr Agus Ali Fauzi PGD Pall Med (ECU).

“Manusia bisa sehat dengan banyak bersyukur atas semua karunia yang diberikan Sang Pencipta. Jangan mudah marah, jangan mudah tersinggung, jangan mudah sakit hati dan jangan mudah mengeluh,” katanya dalam ceramah kesehatan di hadapan ribuan prajurit TNI AL di Kobangdikal Surabaya, Rabu.

Menurut dia, perilaku sehat dan ikhlas merupakan salah satu sisi yang telah dicontohkan Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir utusan Allah yang membawa ajaran dengan konsep “rahmatan lil `aalamiin” atau menjadi rahmat bagi semua isi alam.

“Perbanyak senyum kemudian melakukan aktivitas dengan ikhlas. Jangan lupa juga berdoa dan banyak mendekatkan diri pada Tuhan. Itu semua menjadi resep mujarab untuk bisa hidup secara sehat,” kata alumni Fakultas Kedokteran Unair tahun 1988 itu.

Selain bersikap sabar dalam menghadapi masalah, pria kelahiran Surabaya tahun 1963 itu, juga mengingatkan agar manusia melakukan olahraga teratur, makan cukup dengan gizi berimbang dan istirahat secukupnya.

Sumber : Suaramedia.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: