Home > Sport > Robben Loloskan Bayern Ke Semi-Final

Robben Loloskan Bayern Ke Semi-Final


Manchester United (MU) mengakhiri perjalanan klub-klub Inggris di Liga Champions musim ini.

Champions League: Arjen Robben - Bayern Munich (Getty Images)

Bayern Munich lolos ke empat besar Liga Champions, meski harus pulang dari kandang Manchester United (MU) dengan kekalahan 3-2.

Klub asal Bavaria itu lolos dengan agregat 4-4, dan keunggulan gol tandang. Di leg pertama, MU hanya bisa mencatat satu gol ketika dikalahkan 2-1. Di semi-final, Bayern bakal menghadapi Lyon.

Darron Gibson membuka skor ketika laga memasuki menit ketiga. Nani memborong dua gol, menit ketujuh dan 41.

Dua menit sebelum babak pertama berakhir Ivica Olicmemperkecil ketinggalan menjadi 3-1. Di babak keduaArjen Robben mencetak gol yang menyingkirkan MU dari Liga Champions.

Ini kali pertama sejak 2001 Bayern lolos ke semi-final Liga Champions. Di empat kesempatan sebelumnya; 2001/02, 2004/05, 2006/07, 2008/09, Bayern hanya sempat mencapai babak 16 besar.

Bagi MU, kegagalan ini membuat mimpinya mencapai semi-final kali keempat berturutan gagal. Setan Merah juga gagal mengikuti jejak Juventus, yang menjadi finalis kali ketiga berturutan

Sir Alex Ferguson melakukan banyak perubahan dalam laga ini. Ia mengistirahatkan tiga veterannya; Gary Neville, Paul Scholes, dan Ryan Giggs, karena kaki mereka tidak bisa dipaksa bermain 90 menit tiga kali berturutan.

Sebagai gantinya, Fergie menurunkan Rafael, Nani, dan Michael Carrick. Wayne Rooney di luar dugaan dimainkan sejak menit pertama.

Di kubu Bayern, Louis van Gaal hanya melakukan sedikit perubahan, yaitu memainkan Arjen Robben sejak menit pertama. Ia yakin kehadiran Robben akan membuat pertahanan MU semakin sibuk.

MU mengawali laga dengan baik, dan mendapat free kickpertama menit kesatu. Dua menit kemudian Rooney menyodorkan bola kepada Gibson, dan disambut tembakan jaruh untuk membuka skor.

Menit ketujuh, belum lagi Bayern mampu memobilisasi pertahannya, gol kedua MU lahir. Antonio Valencia mengirim umpan silang. Nani menerimanya, dan menjentikan bola, sebelum menembak ke gawang Hans Jorg Butt.

Sejak itu MU mendominasi. Bayern perlahan-lahan mulai bisa mengatasinya. Mereka menyerang, dan sesekali merepotkan pertahanan tuan rumah.

Memasuki menit ke-41, Valencia menjentikkan bola, melewati Demichelis, melepas umpan silang. Rooney tidak bisa menjangkaunya, tapi Nani mampu meneruskan bola ke dalam jala Butt.

Dua menit sebelum babak pertama usai, Olic memenangkan duel dengan Carrick, sebelum mencetak gol balasan.

Di babak kedua, Bayern terus menyerang dengan harapan menambah gol. Kali ini mereka yang menguasai laga. Rafael yang kerap terlambat turun harus melakukan pelanggaran ketika Franck Ribery mengancam. Menit ke-50, ia diganjar kartu merah.

Fergie merespon kekurangan pemain dengan menarik keuar Wayne Rooney, dan memasukkan defender John O’Shea. MU bertahan, dengan sesekali keluar menyerang memanfaatkan kecepatan Nani dan Gibson.

Strategi ini nyaris membuahkan hasil ketika Nani berlari sendirian untuk menyongsong umpan Evra. Ia telah berhadapan dengan Butt, tapi tembakannya masih bisa ditepis.

Carrick juga memiliki satu peluang dari tengah kotak penalti, tapi tembakannya melambung. Terakhir Gibson mendapat sodoran Valencia, tapi tembakannya mengarah lurus ke penjaga gawang Bayern.

Di kubu MU, Edwin van der Sar sekali harus susah payah menyelamatkan gawangnya dari tembakn voli Ribery. Satu sundulan Mario Gomez melayang di atas mistar.

Menit ke-74, gol yang ditunggu Bayern tercipta. Robben melepas tembakan dari sudut sempit yang gagal dicegah Van der Sar.

Memasuki sepuluh menit terakhir, Fergie melakukan perubahan lagi. Ia memasukkan Dimitar Berbatov dan Ryan Giggs, untuk memaksimalkan serangan. Namun tidak ada gol tambahan.

Sumber : goal.com

Categories: Sport
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: