Home > Ilmu Pengetahuan, Peristiwa Unik > Percobaan melihat pembentukan sarang semut bawah tanah

Percobaan melihat pembentukan sarang semut bawah tanah


Semut merupakan salah satu makhluk dengan sejuta misteri dan memiliki banyak nilai yg bisa kita contoh dalam bermasyarakat.

Tubuh semut terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut). Tubuh semut memiliki eksoskeleton atau kerangka luar yang memberikan perlindungan dan juga sebagai tempat menempelnya otot.

Pada kepala semut terdapat banyak organ sensor. Semut memiliki mata majemuk yang terdiri dari kumpulan lensa mata yang lebih kecil dan tergabung untuk mendeteksi gerakan dengan sangat baik.

Pada kepalanya juga terdapat sepasang antena yang membantu semut mendeteksi rangsangan kimiawi. Antena semut juga digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dan mendeteksi feromon yang dikeluarkan oleh semut lain. Selain itu, antena semut juga berguna sebagai alat peraba untuk mendeteksi segala sesuatu yang berada di depannya.

Kadang kita berfikir bagaimana cara melihat sarang semut yg ada d dalam tanah, berbagai cara mulai berkembang dengan menggunakan micro camera sampai teknik scanning.

NASA tidak mau ketinggalan , mereka mengadakan percobaan dengan menempatkan koloni semut d dalam gel padat transparan, untuk mengetahui secara visual proses pembentukan sarang semut. Gel ini merupakan mengandung nutrisi sebagai bahan makanan para semut.

Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni.

Kebanyakan semut umumnya memiliki penglihatan yang buruk, bahkan beberapa jenis dari mereka buta. Namun, beberapa spesies semut, semisal semut bulldog Australia, memiliki penglihatan yang baik.

semut ini diketahui pernah membunuh manusia. Serangga ini merupakan jenis yang paling primitif dari semua semut dan sangat agresif. Panjangnya sekitar 1 inchi dan dapat tumbuh hingga 2 inchi pada beberapa kasus. Sesuai namanya, semut ini hanya ditemukan di Australia dan gerakannya sangat cepat.

Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Kehidupan seekor semut dimulai dari sebuah telur. Jika telur telah dibuahi, semut yang ditetaskan betina (diploid ); jika tidak jantan (haploid). Semut termasuk holometabolism , yaitu tumbuh melalui metamorfosa yang lengkap, melewati tahap larva dan pupa sebelum mereka menjadi dewasa.

Sebagai makhluk sosial, semut sangat peka terhadap lingkungannya, seperti saat menemukan salah satu anggota koloninya yang tewas. Begitu ada satu ekor semut yang mati, semut-semut lainnya langsung segera menyingkirkannya atau disebut proses nekroporesis.

Cara tersebut bermanfaat bagi populasinya karena dapat menghindarkan penyebaran infeksi penyaki

metode komunikasi antar semut lebih ditekankan pada sinyal-sinyal kimia. Komunikasi ini menyertakan ketukan, suara mirip mengerik, usapan, menggenggam, sentuhan, rabaan, dan mengeluarkan senyawa kimia, disamping aktivitas-aktivitas seperti pertukaran telur-telur khusus dan sekresi anal. Apabila dalam perjalanan nya terlihat saling bersalaman, sebenarnya merupakan usaha untuk mempertinggi efek-efek senyawa kimia yang digunakan untuk berkomunikasi.

emut adalah makhluk hidup dengan populasi terpadat di dunia. Perbandingannya, untuk setiap 700 juta semut yang muncul ke dunia ini, hanya terdapat 40 kelahiran manusia.

Sungguh menakjubkan fakta2 tentang semut dan kompaknya komunikasi antar semut dalam membentuk sarangnya

Sumber :  kaskus.com



  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: