Home > Automotif > Nissan Juke, Dijual di Bawah Rp 185 juta

Nissan Juke, Dijual di Bawah Rp 185 juta


Salah satu mobil yang cukup menarik dipamerkan di New York Motor Show yang dibuka hari ini (2/4/2010) adalah Nissan Juke. Crossover atau SUV kompak ini  ketika masih konsep dinamai Qazana.

Juke  tampil perdana di depan publik awal bulan lalu diGeneve Motor Show 2010. Kendati demikian, Renault-Nissan sudah memperkenalkannya di Paris awal Februari lalu.

Aspek  menarik dari crossover ini adalah dimensinya. Ternyata sama dengan Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia ini. Kendati demikian, penampilan Juke macho dengan bodi yang gempal: depan dan belakang kekar

Dimensi (mm): panjang 4.135, lebar 1.765, tinggi 1.570 dan   jarak sumbu roda 2.530. Bandingkan dengan Avanza 4.120, 1.635, 1.695 dan 2.655. Juke lebih lebar dan rendah.

Tak kalah menarik, di Amerika Juke dibandrol di bawah US $20.000 ( Rp 185 juta). Di sini sama dengan Toyota Rush (malah lebih mahal)  atau Daihatsu Terios.

Nah, mungkinkah crossover macho ini masuk ke Indonesia? Kalau Nissan Motor Indonesia, tidak memasukkannya, dipastikan importir yang akan menawarkan buat penggemar Nissan atau mereka yang suka terhadap SUV ini. Apalagi mobil ini juga dirakit di Jepang dan akan dipasarkan pada musim panas ini

Interior Sepedamotor. Selain penampilannya yang menarik dari crossover 5 pintu ini, interior Juke juga punya ciri khas. Terutama jok depan dan konsol boks tengah. Bagian ini dirancang seperti aslinya, berbentuk tangki bensin sepeda motor. Lantas dicat dengan warna cingklong.

Cukup menarik adalah kombinasi warna hitam merah. Kendati demikian, Nissan juga menyediakan warna hitam silver. Tongkat transmisi berada di bagian tertinggi konsol, tuas pemindah gigi yang pendek. Jok diberi lapisan kulit yang berkualitas cukup tinggi.

Di belakang, jok bisa dilipat dengan pembagian 60/40 dan bisa dilipat merata dengan lantai sehingga ruang bagasi bertambah besar.

Perlengkapan. Seperti mobil-mobil masa kini, Juke juga dilengkapi tombol untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Setir dengan tombol kontrol audio. Sedangkan perlengkapan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan sekarang adalah  Bluetooth dan koneksi iPod, radio statelit, koneksi audio dengan USB, subwoofer Rockkford Fosgte, sistem navigasi  yang dapat memberikan informasi lalu lintas dengan cepat.

Juga ada kamera untuk melihat kondisi belakang dan sunroof. Tambahan keamanan lain,   6 kantung udara yang terdiri dari  dua kantung udara depan, samping dan di kaca.

Keamanan aktif yaitu, dilengkapi Antilock Brake System (ABS) dan Vehicle Dynamic Control (VDC). Untuk  stabilitas, ditambahi dengan kontrol traksi.   Juga ada alat untuk memantau  tekanan ban. Penampilan crossover  makin macho dengan ban 17 inci. Tak kalah menarik, dengan konsep desain kupe, gagang (handel) tidak ditempat di panel pintu belakang, tetapi di bagian atas yang menyatu dengan garnish pilar belakang.

Mesin. Karena dipasarkan secara   global  Nissan menyediakan  tiga mesin untuk Juke.  Mesin 1,6 liter dan 1,6 liter turbocharger dengan sistem injeksi langsung. Untuk Eropa ditawarkan pula mesin diesel 1,5 liter yang sudah mencapai standar emisi Euro5.

Mesin Bensin 1,6 Bensin 1,6 turbo 1,5 dCI
Kapasitas 1,6 liter 1,6 liter 1,5 liter
Tenaga maks. 86 kW (117 PS) 140 kW (190PS) 81 kw (110 PS)
Torsi maks. 240 Nm 240 Nm

Sumber : kompas.com

Categories: Automotif
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: